Pengikut

Minggu, 23 November 2014

Cenil / Jembak



Cenil / Jembak


Sayuran yang memiliki nama latin Nasturtium officinale berasal dari famili brassicaceae  ini gampang sekali dikreasikan menjadi aneka hidangan yang lezat. Nama lain yg sering kita jumpai adalah cenil / jembak. Sayuran ini juga dikenal sebagai bahan obat-obatan sejak ribuan tahun lalu. a hanya bisa hidup di lahan berair seperti halnya padi, kangkung air, dan genjer. Kalau kangkung air dan genjer merupakan sayuran air dataran rendah sampai menengah, maka selada air justru hanya bisa hidup di dataran menengah sampai dataran tinggi. Disebut selada air, karena tumbuhan ini memang masih satu famili, yakni famili Brassicaceae, dengan selada, sawi dan kol. Tumbuhan ini berasal dari Eropa dan Asia Tengah, tetapi sekarang sudah tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Selada air biasa dimakan mentah sebagai lalap (salad). Di warung dan restoran ayam atau ikan goreng, sering disajikan lalap selada air, selain lalap lain seperti kemangi, poh-pohan, dan timun. Rasa selada air mentah getir dan pahit, mirip dengan rasa caisim (sawi bakso). Sebab mereka masih satu famili. Namun rasa getir dan pahit ini akan hilang apabila selada air direbus. Cara merebus selada air juga beda dengan merebus daun pepaya atau daun singkong. Pertama air dididihkan. Setelah air mendidih, selada air dimasukkan, dan seketika itu juga api dimatikan, atau dikecilkan. Kalau api tetap besar, selada air akan menjadi sangat lunak, dan citarasanya akan hilang.

  1. Setiap gram selada air mengandung Vitamin C yang 12 kali lebih banyak dan mengandung lebih banyak zat besi dibandingkan bayam.
  2. Selada Air mengandung komponen antioksidan lengkap, sehingga mampu meningkat kan sistem kekebalan tubuh dan dapat menetoksifikasi racun tubuh.
  3. Selada Air kaya akan Vitamin B, betakarotin, magnesium, dan potasium.
  4. Selada Air banyak mengandung Phytochemical yang merupakan senyawa anti kanker.
  5. Mineral
  6. Vitamin E
  7. Klorofil
  8. Bioflavonoid
  9. Folat
  10. Kalium, sulfur dan seng

Ciri - ciri :

- berdaun hijau kecil
- batang berongga
- tangkai panjang tanpa dahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar