Pengikut

Minggu, 23 November 2014

Brokoli



Brokoli

 

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.
Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling populer di seluruh dunia yang digunakan dalam berbagai hidangan dan masakan. Sayuran ini dapat dimakan mentah atau dimasak, tapi cara terbaik adalah mengukus atau makan mentah-mentah sebagai salad, untuk melindungi nutrisi di dalamnya.
Brokoli juga mengandung fitokimia penting dan antioksidan, yang melawan berbagai penyakit dan infeksi. Beberapa manfaat kesehatan brokoli adalah sebagai sebagai berikut :
Baik untuk kesehatan mata.Menurut beberapa penelitian, lutein karotenoid yang ada di dalam brokoli baik untuk mencegah penyakit mata terutama berkaitan dengan katarak. Selain itu vitamin A yang ada di dalam brokoli, juga menyehatkan retina.

Mengatur tekanan darah
.Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang harus dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi karena mengandung magnesium dan kalsium.

Menyehatkan sistem saraf
.Dengan tingginya kandungan kalium di dalamnya, maka brokoli baik untuk kesehatan sistem saraf Anda.

Memperkuat tulang
.Brokoli tinggi akan kalsium dan vitamin K yang dapat membantu Anda untuk mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
.Brokoli mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sebab brokoli mengandung beta karoten, seng, dan selenium.

Membersihkan kulit
.Ingin kulit Anda terlihat lebih bersih? Konsumsilah brokoli sebab brokoli mengandung glucoraphanin yang baik untuk proses doteksifikasi kulit.
Anti penuaan.Brokoli juga memiliki sifat anti penuaan yang dapat membalikkan efek dari proses penuaan.
Mencegah racun yang masuk.Kehadiran vitamin C, asam amino sulfur membuat brokoli menjadi penawar racun yang sangat baik. Brokoli membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh.
Membantu mengontrol diabetes.Brokoli kaya kromium, yang dikenal untuk membantu mengatur insulin dan mengontrol diabetes.
Melindungi terhadap radiasi UltraViolet.Peneliti menemukan  senyawa sulforaphane dalam brokoli yang membantu mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV.
Mengurangi risiko penyakit jantung.Lutein karotenoid yang terkandung dalam brokoli dapat mencegah penebalan arteri di jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung terutama stroke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar