Pengikut

Minggu, 23 November 2014

sapi



Sapi

Beternak Sapi dapat dikatakan sebagai usaha peternakan klasik yang sudah dilakoni manusia sejak mulai mengenal hidup menetap dan sisten pertanian. Selain dimanfaatkan sebagai alat transportasi dan pertanian, daging sapi merupakan barang ekonomis yang bernilai tinggi. Permintaan daging sapi di dunia cenderung meningkat seiring semakin pesatnya laju globalisasi yang mempengaruhi perekonomian, termasuk pasaran di Indonesia.

Sapi susu atau sapi perah adalah sapi yang dikembangbiakan secara khusus karena kemampuannya dalam menghasilkan susu dalam jumlah besar. Sapi susu adalah varietas dari spesies Bos taurus.
susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia dan manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk kerupuk susu dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia. Susu mengandung banyak sekali kalsium yang dapat menguatkan tulang.
Sapi perah susu dapat digembalakan oleh petani maupun dipelihara di dalam kandang secara komersial, dalam usaha peternakan susu. Ukuran peternakan dan jumlah sapi susu dapat bervariasi tergantung luas kepemilikan lahan dan struktur sosial. Sapi dapat hidup hingga usia 20 tahun, namun sapi yang dibesarkan untuk diperah jarang sekali dipertahankan hingga usia tersebut, karena ketika sapi perah tidak produktif, akan disembelih.Sapi susu menghasilkan sejumlah besar susu sepanjang hidupnya, yaitu berkisar 6800 sampai 17000 kg per masa laktasi.Nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan sapi. Pemberian nutrisi yang tepat dapat meningkatkan produksi dan performa reproduksi sapi.Nutrisi yang dibutuhkan dapat berbeda-beda tergantung pada usia dan tahap pertumbuhan sapi.
  1. Protein

Salah satu kandungan gizi dalam daging sapi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia adalah protein. Protein memang dapat kita dapatkan dengan mengkonsumsi telur, bahkan juga tahu dan tempe. Akan tetapi, sumber protein hewani yang sangat besar adalah berasal dari daging sapi. Lalu kenapa protein ini sangat penting bagi tubuh? Karena protein membantu tubuh manusia untuk membentuk otot sehingga menambah masa otot dan pada akhirnya dapat menambah berat badan kita. Selain itu, protein ini juga sangat penting dalam masa pertumbuhan anak-anak.
  1. Zat besi
Dalam daging sapi terdapat kandungan zat besi yang sangat tinggi. Kandungan zat besi ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena dapat menghindarkan kita dari anemia. Selain itu, jika seseorang terkena anemia, daging sapi juga dapat menjadi salah satu alternative obatnya. Lezat bukan? Anemia dapay menyebabkan seseorang merasa lemas dan lesu sehingga mengganggu produktivitas dan aktivitasnya sehari-hari, oleh karenanya, anemia ini perlu sangat dihindari.
Zat besi bagi tubuh manusia juga dapat menjadi benteng pertahanan melawan penyakit karena dapat meningkatkan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Dengan tubuh yang kebal melawan penyakit dan terhindar dari anemia sehingga dapat tetap aktif, zat besi memberikan nutrisi bagi anak untuk dapat tumbuh dan mempunyai semangat belajar yang tinggi.
Kandungan zat besi terdapat juga pada :
  1. Selenium dan Zinc
Selenium merupakan suatu zat yang membantu tubuh manusia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya, hampir mirip dengan fungsi dari zat besi yang juga dapat meningkatkan sistem imun manusia. Zat lain yang juga membantu tubuh manusia meningkatkan kekebalannya adalah zinc. Dengan zinc, tubuh manusia selain mempertahankan sistem kekebalan tubuh, juga membantu pria untuk memproduksi sperma dengan baik dan mencegah kerusakan
pada organ reproduksinya.
  1. Vitamin B kompleks
Bagi Anda yang diharuskan bekerja dengan mengandalkan konsentrasi dan daya ingat, kita pasti akan membutuhkan daging sapi karena mengandung vitamin B kompleks yang berfungsi mempertajam daya ingat kita dan membuat kita dapat berkonsentrasi dengan lebih baik. Vitamin B kompleks ini tentu saja akan sangat berguna bagi anak kita yang masih duduk di bangku sekolah demi meningkatkan prestasinya.
5. Omega 3
Selain terkandung pada ikan, omega 3 juga terkandung dan banyak terdapat pada daging sapi. Manfaat daging sapi yang kita dapatkan akan membantu kita untuk membantu menjaga dan memelihara sistem saraf pusat yaitu biasa kita sebut dengan otak, membantu fungsi jantung dan hati.
6. Lemak
Daging sapi tidak terlepas dari lemak yang dikandungnya, fungsi lemak sendiri adalah untuk meningkatkan energi dan sumber tenaga bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Manfaat Daging Sapi Berdasarkan Perannya Untuk Kesehatan

Selain manfaat berdasarkan kandungan gizinya, kita dapat melihat dari aspek kesehatan langsung, berikut adalah daftar manfaatnya berdasarkan fungsi bagi kesehatan tubuh.
1.       Membangun otot agar tumbuh lebih kencang dan kuat
2.       Sumber energi yang besar
3.       Menjaga hidup sehat untuk segala umur
4.       Mencegah diabetes dan Obesitas
5.       Mengatur berat badan
6.       Kesehatan kognitif (otak)
7.       Menyembuhkan luka
8.       Menjaga sistem kekebalan tubuh
9.       Mencegah anemia
10.   Meningkatkan sel darah merah
11.   Meningkatkan kesehatan kulit
12.   Mencegah stroke dan serangan jantung.

Manfaat Susu Sapi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Advertisement
Manfaat Susu Sapi Dalam Kehidupan Sehari Hari - Susu Banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutukhan oleh tubuh, diantaranya Vitamain A, D, zat besi, zinc, asam amino, tiamin dan lain sabagainya. Susu memiliki banyak macamnya seperti ASI, susu beruang, susu kuda liar susu kedelai susu sapi dan lainnya. Pada kali ini yang akan canselam sampaikan adalah manfaat susu sapi bagi kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat susu sapi yang dapat Anda peroleh jika Anda mengonsumsinya.

Manfaat susu sapi bagi kesehatan

Susu sapi mempunyai kandungan nutrisi yang beerperan penting dalam tubuh berikut kandungan nutrisi dalam susu sapi dan fungsi dari zat tersebut
- Kalsium : Berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
- Vitamin B12: Berperan dalam menjaga kesehatan jaringan araf dan sel darah merah
- Vitamin A : Berperan dalam menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan mata serta kulit.
- Riboflavin (Vitamin B2) : Berperan dalam merubah makanan menjadi energi.
- Niasin : Mengontrol metabolisme asam lemak dan  gula.
- Fosfor : Menguatkan tulang dan gigi serta membantu dalam menghasilkan energi.
- Vitamin D : Menjaga kekuatan tulang
- Protein : Membentuk dan meperbaiki jaraingan otot dan sebagai sumber energi>
- Kalium : Mengontro tekanan darah agar normal.

Susu baik untuk tulang.
Seperti yang telah disebutkan diatas susu mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Susu sapi sangat baik dikonsumsi bagi kaum wanita yang sudah mengalami menopause, karena bagi wanita yang telah mengalami hal tersebut rentan terhadap resiko osteoporosis.

Susu bermanfaat untuk menjaga dan menurunkan tekanan darah.
Kandungan nutrisi seperti kalium, protein, dan magnesium yang terkandung dalam susu culup melimpah zat-zat tersebut dapat membantu dalam pengontrolan dan menurunkan tekanan darah, selain itu kalsim dapat menghindarkan Anda dari lemak jahat dari dalam usus sehingga Anda terhindar dari kenaikan tekanan darah.
Susu juga berkhasiat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2.
Penyakit ini merupakan penyakit yang banyak diderita oleh kebanyakan orang dewasa. sebuah penelitian menunjukan 37.000 wanita yang mengonsumis susu rendah lemak memiliki resiko serangan penyakit diabetes tipe 2 lebih rendah, hai ini juga berlaku untuk pria.
Susu bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan resiko penyakit kanker usus besar.
Susu bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus besar. Kalsium dan asam linoleat yang terkandung dalam susu dapat melindungi Adan dari serangan usus besar. Dengan mengonsusis 1 gelas perhari Anda dapat terhindar dari kanker usus besar sekitra 15%.

Susu mampu menurunkan resiko kanker payudara.
Sebuah penelitian di Norwegia terhadap 45 ribu wanita, menuntjukan wanita yang rajin mengonsumsi susu memiliki resiko kanker payudara lebih rendah.
Susu bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.
Kandungan hommon dalam susu dapat memntu Anda meningkatkan kwalitas tidur Anda. Hormon ini dapat membuat Anda mejadi mengantuk dan tidur lebih lelap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar