Pengikut

Minggu, 16 November 2014

Berbagai Manfaat Pepaya (Carica papaya L.)





BUAH
 

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis . C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".


Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak.Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas). Kandungan manfaat buah pepaya kesehatan, Zat besi (0.3 mg) fosfor (16 mg) kalium (470 mg) lemak (0.1 gr) karbohidrat (10 gr) protein (0.6 gr) kalori (39) manfaat khasiat buah pepaya berkat kandungan. Selain rasa buahnya yang lezat ternyata buah Pepaya mempunyai Manfaat Untuk Kesehatan tubuh manusia


Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Pepaya Untuk Diet
Pepaya adalah buah rendah kalori gizi tinggi. Makan buah pepaya dengan kandungan tersebut sangat baik bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Penyembuhan Luka
Jika anda mengalami luka atau cedera, manfaatkan saja kulit pepaya. Kulitnya dapat membantu untuk menyembuhkan luka kulit dan cedera.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Rambut
Kulit kepala dan rambut yang sehat tentu adalah dambaan setiap orang seperti saya misalnya. Tidak usah beli bahan yang mahal-mahal untuk memiliki rambut yang sehat. Manfaatkan saja buah pepaya. 

Khasiat Buah Pepaya Untuk Mengatasi Sembelit
Manfaatkan buah Pepaya. Buah pepaya terkenal sangat handal untuk mengatasi sembelit dan juga bisa membantu mengatasi terjadinya gangguan perncernaan.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Mengusir Racun Tubuh 
Tiada lain buah pepaya itu sendiri sebagai pengusir racun. Buah pepaya adalah merupakan bagian solusi detoksifikasi yang sangat ampuh. Mengonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang cukup dapat menghalau bersemayamnya racun-racun di dalam tubuh.

Mencegah Flu
Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, hingga kanker.

Menjaga Kesehatan Ginjal
Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

Mencegah Serangan jantung dan Stroke
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Mempertajam Penglihatan
Jika Anda memiliki masalah kesehatan mata, sebaiknya rajin-rajinlah mengonsumsi buah pepaya. Buah ini mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin A, C dan E sendiri baik untuk kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar.

Vitalitas Pria
Kandungan enzim arginine di dalam pepaya, efektif mendongkrak aliran darah di area mr P. Arginine mendorong asam nitrat tubuh untuk merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga mr P membesar dan aliran darah di area tersebut lebih lancar.

Antiradang
Kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan


1. Menanggulangi problem jerawat. Proses pencernaan yang tak lancar akan memicu berbagai gangguan kesehatan. Satu diantaranya ialah timbulnya jerawat. Timbunan racun dalam tubuh yang tak segera dibuang bisa menjadikan kulit muka lusuh dan dapat memunculkan jerawat. Cara mengatasinya cukup dengan mengkonsumsi separo buah pepaya tiap hari.

2. Bahan perawatan kecantikan. Caranya dengan melumatkan 2 iris buah pepaya kemudian masukkan 1 sdt madu. Sapukan pada kulit muka Anda untuk difungsikan menjadi masker. Tunggu hingga masker kering dan selanjutnya cuci menggunakan air bersih. Langkah ini terbukti mampu menuntaskan wajah dengan jerawat ataupun wajah dengan kelebihan minyak.


3. Makanan anti penuaan dini sekaligus menjadikan cerah kulit. Buah pepaya memiliki kandungan enzim yang dinamakan enzim papain yang bermanfaat dalam menjadikan cerah kulit dan menyamarkan noda pada kulit. Buah pepaya sekaligus juga memiliki kadar vitamin A dan vitamin E yang mampu menangkal terjadinya keriput, menjadikan kencang kulit dan menjadikan kulit Anda terasa lembut dan terlihat muda.

Nah Demikian beberapa Manfaat dari Buah Pepaya ini yang selama ini kita kenal sebagai buah yang lezat ternyata juga memiliki aneka manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar