Pengikut

Senin, 01 Desember 2014

ikan lele



Lele


Lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki "kumis" yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya.
Manfaat Dan Kandungan Gizi Lele. Ikan Lele merupakan ikan jenis air tawar yang mudah di temui dimana saja.Ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah hidup,tahan dari segala cuaca bahkan di air yang kotor dan berlumpurpun ikan Lele mampu bertahan.
  • - Lele (budidaya), 1 fillet (141.5g) (dimasak, panas kering) (5 oz.)
  • - Kalori: 217
  • - Protein: 26.7g
  • - Karbohidrat: 0.0g
  • - Total Fat: 11.5g
  • - Fiber: 0.0g
  • - Excellent sumber: Selenium (20.7mcg), dan Vitamin B12 (4mcg)
  • - Sumber yang baik: Kalium (459mg), dan Niacin (3.6mg)
Berdasarkan hasil penelitian,lele memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.dalam 500 gram lele dumbo (kira-kira terdiri dari 4 ekor)mengandung 12 gram protein,energi 149 kalori,lemak 8,4 gram dan karbohidrat 6,4 gram.
Makanan yang merupakan “sumber yang sangat baik” dari nutrisi tertentu menyediakan 20% atau lebih dari nilai harian yang dianjurkan, berdasarkan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) .
Ketika dimasak (panas kering), lele liar memberikan 0,333 gram omega-3 asam lemak, berasal dari EPA (0.1g), DHA (0.137g), dan ALA (0.096g), per 100 gram ikan lele liar. Ketika dimasak (panas kering), lele budidaya memberikan 0,259 gram omega-3 asam lemak, berasal dari EPA (0.049g), DHA (0,128), dan ALA (0.082g), per 100 gram ikan lele budidaya.
Manfaat ikan lele untuk kesehatan otak dan jantung

Ikan lele sangat terkenal dengan kandungan momega 3 yang ada didalamnya, selain kandungan omega 3, ikan ini juga memiliki kandungan omega 6, jadi jika anda ingin mendapatkan asupan omega 3 dan 6 anda tidak perlu khawatir karena ada alternative ikan murah yang mengandung omega 3 dan omega 6 yang terdapat didalam ikan lele.
Kandungan didalam ikan lele menyediakan sekitar 220mg asam lemak omega 3 serta 875 asam lemak omega-6. Dengan tingginya kandungan akan omega 3 dan omega 6 didalamnya sehingga American Heart Association menyarankan agar orang-orang memasukkan ikan lele dalam menu makan beberapa kali seminggu. Kedua nutrisi yang terkandung didalam ikan lele yaitu omega 3 dan omega 6 sehingga manfaat ikan lele baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.
Sumber protein yang baik
Ikan lele juga menyediakan jumlah protein yang cukup tinggi, didalam 1 porsi ikan lele mengandung sekitar 15,6 gram protein yang dapat memenuhihi kebutuhan anda akan asam amino. Kandungan asam amino yang terdapat didalam ikan lele memiliki kualitas yang baik guna membangun otot serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ikan ini juga akan memberikan protein dan menyediakan energy untuk anda.
Sumber Vitamin B-12
Dengan anda mengkonsumsi ikan lele anda juga akan memenuhi kebutuhan tubuh anda akan vitamin B12. Fungsi dari vitamin B12 dapat membantu tubuh dalam memecah karbohidrat menjadi energy. Dengan tercukupinya vitamin B12 dalam tubuh anda akan membuat anda lebih bertenaga sepanjang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar